Senin, 22 Februari 2016

Rame-rame memeriahkan HUT 1 GANDJEL REL yuk..

Assalamu'alaikum

Dalam rangka memeriahkan 1 tahun komunitas Gandjel Rel. Komunitas blogger se-Semarang Raya yang beranggotakan mulai emak-emak, mbak-mbak, cewek-cewek dan sejenisnya. Mau nggak mau, saya harus ikut memeriahkannya. Apa kata dunia, nimbrung di komunitas tapi nggak turut berpartisipasi.

Bisa dibilang memaksakan diri sih. Ada yang tahu kenapa?. Duh, pengen tutup muka. Karena M (dibaca malas). Gara- gara satu kata itu, blogku terlantar 4 bulan. Bayangkan! Baru aja berstatus pemula dalam dunia blogger. Eh, masih  bergaya M pula. Trus mau jadi apa donk diriku ini?.

Ah..jadi lebay.

Yach begitulah apa adanya. Tapi, berbicara masalah dunia blog. Banyak manfaat yang saya rasakan. Mulai cerita nih. Dengarkan ya.. Eh salah, perhatiin maksudnya.

Awalnya saya membuat blog, hanya ikut-ikutan. Ikut siapa hayo? Kalau temen di Gandjel Rel mah sudah nggak asing lagi. Yaitu Mak Irit.  Ceritanya begini. Pertengahan tahun 2014, keluarga kecil kami pindah dari Yogyakarta ke Semarang. Sehari-hari aktivitas saya hanya tentang rumah, anak dan suami. Sangat kontras dengan aktivitas saya di Yogya. Dimana kesibukan saya disana sangat beragam. Maklumlah masih berstatus mahasiswa. Lah trus, hubungannya?. Eit tunggu dulu. Setelah waktu bejalan dan bergerak hingga menjelang satu tahun kepindahan kami di Semarang. Saya mendadak labil. Jenuh dengan aktivitas itu-itu aja. Ditambah terbatasnya teman-teman di Semarang. Membuat saya minim sekali berkomunikasi dengan orang lain. Kalau dengan tetangga sekitar saya tetap berkomunikasi tapi ya begitu, ibu-ibu kebanyakan ngomongi orang. Bikin tambah sumpek.

Hingga akhirnya saya sadar kalau emosi saya seperti ombak. Kadang menghantam, kadang lenyap. Dan saya tidak mengerti keadaan itu.Kemudian, iseng-iseng deh googling mengenai ibu rumah tangga yang depresi gitu. Eh keluar deh, blog Mba Rahmi. Nah, mulai dari ketidaksengajaan itulah saya banyak menemukan bahwa yang saya rasakan wajar. Dan ternyata tidak cuma saya yang mengalami.

Saya tertarik sekali dengan blog mba Rahmi. Apalagi temanya itu. Saat saya buka blognya, hal yang terlintas. Ini mah aku banget. Saya pun mulai membongkar isi blog mba Rahmi. Hingga saya menemukan komunitas IIDN semarang, KEB, serta komunitas blog lainnya dan terakhir komunitas Gangdel Rel ini. Sepertinya belum ada sebulan saya di approve  sama mba Rahmi di grup FB Gandgel Rel.
Maka dari itu, kalau disuruh nulis kiprah Gandgel Rel atau apa yang dirasakan selama berada dikomunitas. Saya bingung harus menjelaskan apa. Adanya ngawur nantinya. Mending, curhat dong mah (gaya mamah dede, hihi).

Namun, dari curcol ini. Setidaknya saya mengambil makna dibalik manfaat yang tersirat. Bahwa menjadi seorang blogger itu, bisa jadi amal jariyah (masuk surga donk, aamiin allahummaamiin). Menebar manfaat tanpa harus tahu siapa yang memanfaatkannya.
Berkomunitas itu, bukan hanya memperbanyak sahabat tapi juga memperlebar silaturahmi (Panjang umur donk, aamiin).
Dan terakhir nih, nambah ilmu, nambah motivasi nulis dan nambah keluarga.

Apalagi keluarga ini, keluarga yang produktif seperti keluarga Gandjel Rel.

Seperti mereka yang sudah pernah saya jumpai di beberapa event atau kopdar.
Mbak Wati, terimakasih supportnya agar saya terus belajar menulis.
Mba Dian Nafi, menjadi contoh untuk menjadi penulis yang ulet.
Bu Dosen Cantik. Mba Muna dengan semangat menjelajah yang membahana.
Mba Arina, dua kali kita berjumpo di Islamic Book Fair dan Bukalapak. Seperti sudah kenal lama.
Mba Fenti, terimakasih bukunya yang bagus banget.
Mba Nungma, kita belum berkenalan lebih dalam. Alah apaan pake dalam-dalam segala. Di curigain orang mah.
Mba Deww, terimakasih sudah ada bersama Gandgel Rel
Terakhir mba Rahmi, terimakasih atas blognya. Melalui blogmu mba, saya mengenal keluarga produktif dan penuh kehangatan ini. Bahkan untuk cari sangkal putung aja cukup googling di grup WA aja. Sudah banyak jawabannya.
Dan teman-teman Gandjel Rel lainya semoga kita bisa bertemu dan bersua.

Gandjel Rel yang duo pinky aja. Mba Dian Nafi dan mba Nungma dah cabut ( cuma adanya ini, belum sempet minta gambar :D)

"Artikel ini diikutsertakan kegiatan posting serentak dalam rangka ulang tahun Gandjel Rel ke-1”

29 komentar:

  1. Senang bisa kenal denganmu, mbak. Kita pertama ketemu di Islamic book fair ya, semoga makin semangat nulis, semangat ngeblog. Yuk yuk belajar bareng, aku juga masih belajar bareng teman-teman di grup :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba Wati,, aku juga seneng banget. Makasi mba Wati, peluk peluk

      Hapus
  2. Mba Sariii, hihii maap baru di accept ya. Dan aku baru tahu Mba Sari yang nanyain sangkal putung itu dirimu toh mba haha, sempet mbatin ini Sari yang mana. Aku suka bingung kalo beda-beda nama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Rahmiii... Aku pengen banget berjumpo dirimu mba. Mesti gak jadi terus. Hihi...

      Hapus
  3. selamat ya mbak bisa menjd bagian dari GR...semoga kopdar nt bisa ketemu salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..iya mba Prana. Moga bisa selfiean juga

      Hapus
    2. Hehe..iya mba Prana. Moga bisa selfiean juga

      Hapus
  4. Hai mbak... wah kita belum pernah ketemu ya? Insyaallah next kopdar ketemu ya mbak. Salam kenal dari saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Dian, salam kenal :). Jadi gak sabar nungguin kopdar

      Hapus
    2. Iya mba Dian, salam kenal :). Jadi gak sabar nungguin kopdar

      Hapus
  5. Balasan
    1. Iya mba Dian. Peluk :D
      Kapan2 minta foto kita di bukalapak ya mb

      Hapus
  6. Salam kenal mb Sari...rumah kita deketan ya, tapi belum pernah ketemu. Kalo ada kopdar datang dong mbak..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh..iya kah? Mampir tempetku mba. Iya mba semoga dimudahkan.

      Hapus
    2. Loh..iya kah? Mampir tempetku mba. Iya mba semoga dimudahkan.

      Hapus
  7. Alhamdulilah... senang sekali bisa jd keluarga sama Mba Sari :)

    BalasHapus
  8. makasih ucapan dan tulisannya mba sari, moga next time kita bisa ketemu :*

    BalasHapus
  9. terima kasih sudah menjadi bagian Gandjel Rel ya mba :)

    BalasHapus
  10. Makasih sudah berkenan gabung gandjel rel ya mbak :)

    BalasHapus