Rabu, 31 Agustus 2016

SMS Bunda : Langkah Nyata Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Assalamu'alaikum sahabat,

Kamu seorang ibu? Atau calon ibu?. Pastinya sudah tahu donk peran seorang ibu. Emm..menjadi ibu bukanlah hal mudah. Saya saja baru memiliki anak 1 masih balita pula. Udah kelimpungan.  Memang segunung beban akan ditanggung perempuan bernama ibu. Mulai urusan paling remeh hingga paling strategis di keluarga. Waktu 24 jam terasa kurang bagi ibu. Karena tanggungjawab ibu ada pada setiap lini kehidupan rumah tangga.

Nah, kali ini sahabat. Aku mau sharing mengenai langkah nyata pemerintah dalam memerangi angka kematian ibu dan bayi yang semakin meninggi. Harapannya dengan program ini, angka tersebut dapat diminimalisir. Kematian ibu disini adalah kematian seorang ibu selama kehamilan hingga 42 hari setelah melahirkan.

Loh? Kok tinggi angka kematian ibu dan bayi?

Berdasarkan survei di lapangan, sebanyak 213 orang ibu meninggal dunia dalam seminggu di Indonesia. Banyak kan? Bisa diketahui ada 30 orang ibu yang meninggal dunia dalam sebulan. Dan tiap satu jam ada satu ibu yang meninggal. Woww..angka yang miris sekali. Sedih ya..

Oleh karena itu, Pemerintah terutama Dinas Kesehatan Jawa Tengah giat-giatnya mepublikasikan dan mempromosi program terbaru mereka. Yang di luncurkan oleh Kementrian Kesehatan. Yaitu SMS Bunda.

Lah, terus SMS Bunda itu apa sih?
SMS Bunda adalah program yang dibentuk dari kerjasama jhpiego (an affiliate of John Hopskin University) dengan Indonesia dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap ibu dan bayi di Indonesia.

Terus, manfaat dari sms bunda apa sih?
- Meningkatkan pengetahuan Ibu seputar kehamilan, melahiran dan perawatan bayi
- Dapat mengetahui tanda bahaya selama hamil dan nifas
- Jika terjadi sesuatu hal. Ibu bisa mencari pertolongan segera mungkin (tepat waktu)
- Berfungsi sebagai pengingat atau alarm untuk jadwal kontrol ibu, bayi dan imunisasi bayi.

Lalu bagaimana caranya agar sahabat mendapatkan manfaat diatas. Caranya gampang. Cukup mendaftarkan no Handphone sahabat ke SMS bunda center. Berikut langkah-langkah registrasi SMS Bunda bersumber dari SMS Bunda Jhpiego :
1. Cara Daftar

2. Langkah-langkah mendaftar

 3. Pendaftaran secara kolektif dan mendaftarkan orang lain

Ternyata mudah lo mendaftar SMS Bunda.  Sahabat, aku sudah daftar. Kalau kamu?
1. Pertama kali mendaftar. Langsung mendapat balasan.

2. Beberapa SMS Bunda yang pernah masuk ke handphoneku

SMS Bunda center akan terus memberikan informasi mengenai ibu dan anak tiap pekannya hingga anak mencapai umur dua tahun. Selama ini, SMS Bunda selalu masuk ke handphoneku setiap hari kamis. Kemungkinan ini karena aku dulu mendaftarnya pada hari kamis juga.

Apa SMS Bunda hanya diperuntukan untuk Ibu-ibu saja? Oh tidak. Sahabat seorang Ayah? Tentu bisa juga mendaftar. Dengan mengisikan informasi waktu kehamilan istrinya.

Perlukah Ayah mendaftar SMS Bunda? Jelas sangat perlu. Agar Ayah bisa menjadi Ayah siaga. Harapannya Ayah akan mengerti kondisi ibu dan hal-hal yang dibutuhkan ibu. Selain itu, Ayah bisa tahu kapan ia harus mengantar Ibu pergi cek kesehatan.

Bagaimana sahabat? SMS Bunda sangat nyata sekali bukan, manfaatnya bagi Ibu dan Bayi. Nah, harapannya informasi mengenai SMS Bunda ini tidak berhenti pada kita saja. Akan tetapi, dapat kita sebarkan kepada siapapun. Agar saudara, teman, tetangga maupun kerabat kita dapat merasakan juga manfaat dari SMS Bunda ini. Sehingga hal-hal yang tidak harus terjadi pada Ibu dan bayi di sekeliling kita, dapat ditangani tepat pada waktunya

Oh iya, untuk lebih jelasnya bisa simak video youtube dari SMS Bunda di bawah ini. Dan informasi mengenai SMS Bunda juga dapat kita akses di sosial media berikut ini.
Fanspage : SMS Bunda
Twitter : @smsbunda
Instagram : @smsbunda




Semoga dengan ini angka kematian Ibu dan Bayi di Indonesia semakin berkurang. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar